Summary of all updates on this website New infos, annoucements, events can be found in here Information about our classes in cities all around Indonesia Good memories, captured on digital cameras Short descriptions about who we are

PADEPOKAN TARI LANGEN KUSUMA

Sekertariat : Jl. Bathoro Katong No. 118 Ponorogo

Website: www.langenkusuma.com email: info@langenkusuma.comCP: Prawoto(0813-3583-0110); Fersia H.P (0896-2597-5905)

 SIUP: 503/1230/405.27/MIKRO/2014

NPWP: 71.633.605.2-647.000 

 

 Akta notaris : W14-U17/149/IX/2014

       Kercopan merupakan sebuah lokasi berkembangnya sebuah kelompok Reyog Ki Singo Kusumo, yakni berada di tiga kelurahan; Kertosari, Cokromenggalan, dan Patihan Wetan. Sepak terjang kelompok Reyog Singo Kusumo di wilayah Kercopan sangatlah membanggakan di era tahun 90-an-hingga awal tahun 2000, hingga lahirlah komunitas Reyog mini Si Buyut Katong, dimana segenap prestasi telah diraih dalam festival. Sekitar satu  dekade dari tahun 2000 sampai dengan tahun 2010, perkumpulan reyog masih bisa bertahan, meskipun hanya dari tanggapan (job) yang kecil-kecilan, yang seolah membuat kelompok reyog ini berdiri hanya dengan satu kaki.

Hingga pada akhirnya, sekitar akhir tahun 2013 semangat remaja dan pemuda Kercopan untuk menghidupkan kesenian Reyog Ki Singo Kusumo dan Si Buyut Katong kembali membara, dengan didirikannya sebuah kelompok dengan nama baru, yakni “ Padepokan Tari Langen Kusumo” yang telah diresmikan sejak tanggal 26 Januari 2014. Seiring berjalannya waktu (dalam kurun waktu 1 tahun) Padepokan Tari langen Kusuma mampu berkembang pesat, terbukti anggota kelompok kami tidak hanya berasal dari lingkungan Kercopan, namun banyak seniman lintas disiplin seni dari berbagai wilayah di kabupaten Ponorogo. Pun demikian dengan terbentuknya kelompok baru ini, diharapkan bisa menjadi wadah keratifitas generasi muda dan anak-anak Kercopan dan seluruh seniman-seniwati di kabupaten Ponorogo pada umumnya untuk terus melestarikan seni tradisi Reyog serta pengembangan kreatifitas seni dari berbagai disiplin, baik tari, musik, teater, maupun seni rupa.

Pengalaman pergelaran seni, pementasan pembukaan Grebeg Suro dan FRN 2014, dengan mempergelarkan drama tari Kolosal “Asmara Ing Surukubeng” Sutradara Dedy Satya Amijaya S.Sn, M.Sn (Director Artistic Padepokan Tari Langen Kusuma); Pergelaran malam bulan purnama 2014, dengan karya tari “Angkara jalma”, Karya Ria Arifin (Koreografer Padepokan Tari Langen Kusuma); Karya tari “Laskar Keling” dan “Niken Gandini” di pentaskan di Festival Karya tari dan Lagu Daerah di Surabaya, koreografer Dedy Satya Amijaya; Drama Tari Kolosal“Banjaran Bujang Ganong Gandrung” Pembukaan FRN tahun 2008 Sutradara Dedy Satya Amijaya, Pergelaran Drama Tari Kolosal ‘Semarak Porkab 2014”, untuk pembukaan PORKAB Ponorogo tahun 2014, sutradara Dedy Satya Amijaya dan Afif Kurniawan. Pergelaran Festival Reyog Mini tahun 1996,1997,2000,2004,2014 produksi Padepokan Tari Langen Kusuma. Selain itu cukup banyak karya-karya yang telah dihasilkan oleh anggota Padepokan Tari Langen Kusuma baik yang berskala Lokal maupun Nasional.  

Pengalaman workshop dan penyelenggaran even pergelaran Seni; Workshop tari dan Musik di Candi Sukuh oleh Gondrong Gunarto dan Jarot B. Darsono, Joko S. Gombloh, yang diikuti oleh anggota Padepokan Tari Langen Kusuma yaitu saudara Rizal Isnanda dan Toha Nurvika. Even pergelaran kesenian yang pernah di tangani adalah : pergelaran malam seni di lapangan Kercopan tahun 1996, 1997, 2000, 2008, dengan berbagai disiplin kesenian hadir dengan semarak, baik dari musik pop, dangdut, dan tentunya pergelaran tari tradisional, serta pergelaran Reyog Ponorogo.



Nama lengkap : Dedy Satya Amijaya, S.Sn, M.Sn. 

 

TTL : Ponorogo, 7 Nopember 1982, 

 

Alamat : Jl. Batoro  Katong 118 Ponorogo   

 

KontakPerson : 081335057929              dedysatyaamijaya@gmail.com

 

Riwayat Pendidikan :

  1. SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo lulus tahun 1995.
  2. SLTP Negeri 6 Ponorogo lulus tahun 1998.
  3. SMU Bakti Ponorogo lulus tahun 2001
  4. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta – S1, lulus tahun 2006.
  5. Program Pasca Sarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta – S2, lulus tahun 2010.

Pengalaman Berkesenian

Mulai mengenal dunia tari sejak usia 13 tahun dalam paguyuban seni Reyog Mini Si Buyut Katong. Selama dibangku SLTP hingga SLTA aktif sebagai penari dan penata tari dalam paguyuban dan sanggar kesenian Reyog Ponorogo. Selepas dari SLTA kemudian melanjutkan kuliah di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan diselesaikannya dalam waktu 6 tahun, dengan mendapat gelar sarjana pada tahun 2007. Berselang satu tahun, kemudian melanjutkan kuliah S2, pada Program Pengkajian Seni minat kajian seni tari nusantara  Pasca Sarjana ISI Surakarta selama 2 tahun . Alasan pemilihan minat pengkajian seni adalah : sebagai seorang koreografer yang telah memiliki bekal penciptaan seni dari tingkat pendidikan S1, sayapunya motivasi kuat, bahwa dengan mengambil minat pengkajian seni maka tingkat kesenimanan ia bisa memiliki kemampuan yang berimbang antara seniman pengkarya dan seniman pengkaji. Harapan yang ingin diwujudkan sebagai koreografer di masa depan adalah menciptakan karya-karya yang inovatif dengan kerangka konsep yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan baik secara moral maupun akademis.    

Di sela-sela kesibukan selama kuliah, saya juga aktif mengikuti workshop dengan koreografer terkenal, baik dari dalam maupun luar negeri,  diantaranya : Miroto; Boy G Sakti; Wangi Indria; Eko Supriyanto; Suprapto Suryodarmo (Indonesia); Program dari Kelola Workshop dengan Astadd Debbo (India); Pappatara Humara Dance Company Director Hiroshi Koike (Jepang); Makato Sato (Jepang); Teater NOH (Jepang); Lin Hwai Min (Artistic Director, Cloude Gate Dance Theatre of Taiwan)  Mr.Adam (Guru Capoeira dari Inggris),dll.

Bersama teman kuliah se-angkatan (Boby Ari Setiawan, Agus Margiyanto, Lanjar Sarwanto, dan Galih Naga Seno) Mendirikan Kelompok Seni bernama “Independent Exspression” (IE) pada tahun 2002. Sejak Berdiri, hingga kini kelompok IE aktif dalam berbagai program pementasan, dan gerilya kebudayaan ke kampung-kampung dan sekolah-sekolah. Pada tahun 2013 kelompok IE telah membuat program pementasan Reguler yang menjelang ke-enam, dan bertajuk “Voyage of IE” dengan tema yang berbeda-beda di setiap tahunnya.

Tahun 2011 tergabung dengan kelompok Deddy Lutan Dance Company (DLDC) Jakarta, membuat saya sangat bersyukur bisa mendapat ilmu dan pengalaman kesenimanan bapak Dedy Lutan dan Ibu Elly D. Lutan. Tahun 2013 kembali ke kota asal yaitu kabupaten Ponorogo jawa timur, dan sedang bekerja bareng dengan teman teman lingkungan dan segenap warga setempat, guna memberdayakan kesenian dengan membentuk sebuah wadah Padepokan Tari Langen Kusuma. Kelompok ini sebagai wadah kreatifitas seni bagi seniman generasi muda lingkungan.

Sebagai koreografer, saya telah membuat beberapa karya tari diantaranya :

1.     “Topeng Semu”(Pekanbaru, 2003)

2.     “Suminten Edan” (Solo 2003)

3.     “Wake Up” (Solo, 2004

4.     “Nelayan”(Solo,2004)

5.     “Buse/Bulshit” (Solo,2005)

6.     “Aku dan Omong Kosong” (Solo, 2006)

7.     “Bercermin” (Solo, 2006);

8.     “Bujang Ganong Gandrung” (Karanganyar, 2007)

9.     “Straight Line” (Karanganyar, 2007)

10. “Garis Lurus” (Solo, 2008)

11. Parade Reyog Ponorogo dalam rangka “Srawung Aji Reyog” di Balai Kota Surakarta (2009).

12.  “New Bujang Ganong Gandrung” (mendapat penghargaan sebagai 5 penyaji unggulan dalam Festival Seni Pertunjukan di kota Malang, 2008, dan juga mendapat penghargaan sebagai 10 Penyaji Terbaik serta Penata Musik Terbaik pada Fesifal Seni Tradisi tingkat Nasional di Jakarta Convention Center pada 7 Juni 2008). 

13. “Banjaran Bujang Ganong Gandrung” dalam rangka Pembukaan Festival Reyog Nasional ke XV di Kabupaten Ponorogo (2008), selaku sutradara.

14. “Dialog Cahaya”, dipentaskan dalam Voyage of Independent Expression V pada tanggal 27 mei 2011 di Teater Arena, Taman Budaya Jawa Tengah (Surakarta, 2011).

15. Penata tari dan Mentor workshop teater, tari, dan musik di Kepulauan Seribu Jakarta, kerjasama dengan teman-teman lab teater Ciputat pada tahun 2013

16. Konsultan artistik karya tari Jalma Angkara koreografer Riya Arifin, pada pergelaran tari Bulan Purnama di panggung utama Aloon aloon Kabupaten Ponorogo pada 2014.

17. Penata Tari “Laskar Keling” pada festival karya tari Jawa Timur di Taman Budaya (Surabaya) sebagai delegasi dari kabupaten Ponorogo, tahun 2014. Mendapatkan nominasi sebagai 10 penyaji unggulan terbaik.

18. Penata tari “Niken Gandini” pada Festival lagu daerah di taman Budaya Jawa Timur di surabaya pada tahun 2014.

Selain itu sebagai penari juga sering terlibat karya-karya koreografer senior diantaranya :  

1.     Pergelaran karya tari Betawi berjudul “Kembang Pijar” karya Retno, dalam Parade Tari Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, sebagai wakil dari kontingen DKI Jakarta, pada 24 Agustus 2013.

2.     Pergelaran karya tari “Ratu-Ratuku” (Part of Minakjinggo Ronggolawe History) Karya Elly D. Lutan, Aransemen musik oleh Prof. Dr. Rahayu Supanggah, S.Kar. untuk peringatan Tribute for Iwan Tirta di Ballroom hotel Darmawangsa Jakarta pada 5 Juli 2013.

3.     Pementasan karya “Banowati Jalingan Golek” koreografer Elly D. Lutan, Produksi komunitas Budayaku bekerjasama dengan DLDC Jakarta, pada 1-2 Desember 2012, di GKJ.

4.     Pementasan karya “Perempuan Lala” di Vietnam Sutradara Deddy Lutan, sebagai Penari dan Admin DLDC. (3-10 Mei 2012)

5.     Bersama kelompok Teater Koma, dalam pementasan lakon Sie Jin Kwie di Negeri Sihir di GBB TIM Jakarta untuk 35 tahun Teater Koma, sutradara Nano Riantiarno, sebagai penari dan asisten Elly D Lutan. (1-30 Maret 2012)

6.     “Gandrung Eng Tay” karya Dedy Lutan (Juli 2011) dalam rangka Jakarta Aniversary Festival di Gedung Kesenian Jakarta, dan pada Festival Seni Surabaya, pada tanggal 1 Nopember 2011, di Taman Budaya Jawa Timur, Surabaya.

7.     Drama Musikal “Onrop” Sutradara Joko Anwar dan Koreografer Eko Supriyanto di teater jakarta ( 2010).

8.     “Sang Srikandi” karya Mahesa Tunjung Seto (2009).

9.     Sebagai aktor pada pementasan TEATER komunitas lantai dua, berjudul “La El di Asrama Langit” naskah sutradara oleh Retno Sayekti Lawu, di Teater Arena Taman Budaya Surakarta dan Universitas Muhammadiyah Ponorogo pada tahun 2007

10. Pementasan karya tari “Daup” karya Eko Supriyanto 2004

11. Pementasan karya “Opera Ronggeng”, Karya Eko Supriyanto 2004

12. serta “Opera Jawa”(Eko Supriyanto,dalam rangkaian proyek Film Opera jawa oleh sutradara Garin Nugroho 2004-2005).

13. “Spring In Solo” (koreografer dari Jepang Hirosi Koike,2003).

14. “Sang Hara Sang”( Karya koreografer Ni Kadek Yulia dalam Singapore Art Festival 2007).

15. “Kidung Dumadi” (Suprapto Suryo Darmo, 2004)

16. “Membaca Ruang Batu” (Eko Supendi, 2005),

17. “Merayakan Warna” (karya Hartanto 2003).

 

Pengalaman Sebagai Dewan Pengamat (Juri) :

1.     Anggota Dewan Pengamat pada Festival Reyog Nasional XV di Kabupaten Ponorogo tahun 2008

2.     Anggota Dewan Pengamat pada Festival Reyog Nasional XVII di Kabupaten Ponorogo tahun 2010

3.     Anggota Dewan Pengamat Festival Reyog Mini VI di Kabupaten Ponorogo pada tahun 2008.

4.     Anggota Dewan Pengamat Festival Reyog Mini VII di Kabupaten Ponorogo pada tahun 2009.

5.     Anggota Dewan Pengamat Lomba Tari Tradisi dalam rangka “Titiwanci Gambang Semarang” di Universitas Diponegoro, Semarang (2009).

6.     Ketua Dewan Pengamat Festival Reyog Mini IX di Kabupaten Ponorogo tahun 2011.

7.     Anggota Dewan Pengamat Festival Reyog Mini X tahun 2012 di Kabupaten Ponorogo.

8.     Sebagai pengamat dalam Gelar Karya Tari Koreografer Banten-2 di Cilegon Banten pada 2 September 2012

9.     Sebagai Dewan Pengamat (juri) Festival tari Kreasi tradisi Kontemporer, se Jakarta Selatan pada tahun 2012.

10. Bersama Prof. DR. Rahayu Supanggah, S.Kar. Shodiq Pristiwanto, S.Sn., Drs. Peny Puspito, M.Hum., dan Dedy Satya Amijaya, S.Sn, M.Sn, menjadi  Dewan Pengamat pada Festival Reyog Nasional Kabupaten Ponorogo pada tahun 2014.

 

Pengalaman Mengajar :

1.     Sebagai asisten pengajar yoga di Sanggar Nari-Nari, pimpinan Ambong Yulia (2011).

2.     Sebagai asisten pelatih tari di Ukm Kesenian Jawa, Universitas Diponegoro Semarang (2004).

3.     Sebagai ketua dan staff pengajar Capoeira di Surakarta (2003-2008)

4.     Asisten Dosen Dedy Lutan di DLDC dan IKJ (Februari 2012-2013)

5.     Pengajar Olah Tubuh di Padepokan Tari DLDC Jakarta, (2012-2013)

Karya tulis ( dan tulisan kritik)

1.      Manajemen Festival Reyog Nasional di Kabupaten Ponorogo dan Problemantikanya

2.      Eksistensi Tari Bujangganong dalam Pertunjukan Reyog Ponorogo

3.      Kritik Penyelenggaraan Festival Reyog Nasional di Ponorogo 2009

4.      Kritik Pementasan karya kolaborasi tari dalam Festival Kesenian Indonesia di IKJ

5.      Gost track, karya Leine Roebana dari Belanda

6.      Petals in the crowd, Karya Andrea Liong Singapura

7.      Mencari Harmony karya Winda dari Solo

 

Pengalaman Pengabdian Masyarakat

1.      Pemateri pada Workshop Tari di SMU 3 Surakarta pada tahun 2004.

2.      Pemateri Workshop Tari pada Program Pentas Keliling Yayasan Kelola bersama Ni Kadek Yulia, di Taman Budaya Societeit De Harmonie Makasar, Sulawesi Selatan, pada tahun 2005.

3.      Pemateri Workshop Tari pada Program Pentas Keliling Yayasan Kelola bersama Kelompok Independent Exspression, di ISI Padang Panjang, dan di UNIMED Medan Sumatera Utara pada tahun 2006.

4.      Pemateri Workshop Tari pada Program Pemberdayaan seni tradisi dengan tajuk Srawung Aji Reyog di Taman Sriwedari Surakarta, pada tahun 2009

5.      Sebagai Narasumber pada workshop tari Bujang Ganong di ISI Surakarta pada tahun 2009.

6.      Sebagai pemateri Tari dan Yoga pada program pelatihan tari bersama DLDC Jakarta untuk kelompok tari dari Lampung tahun 2012.

7.      Sebagai pemateri Tari dan Yoga pada program pelatihan tari bersama DLDC Jakarta untuk kelompok tari di Miau Baru Kaltim tahun 2012.

8.      Sebagai Pemateri Yoga pada Pelatihan tari DLDC untuk kelompok tari Sri Warisan dari Singapura tahun 2012.

9.      Sebagai Pemateri dan penata tari pada pelatihan tari di pulo Pramuka Kepulauan seribu bersama Lab Teater Ciputat tahun 2013.

10.  Sebagai Sekretaris dan Admin tim DLDC dalam program Penyelenggaraan Gelar Tari Nusantara tanggal 7,8,9 Desember 2012, di Mataram Lombok, kerjasama Dirjen. Kebudayaan seni dan film, Kemendikbud RI. Dan CV. Multi Arta Mayida.

 

 

On Progress


On progress

On Progress