Summary of all updates on this website New infos, annoucements, events can be found in here Information about our classes in cities all around Indonesia Good memories, captured on digital cameras Short descriptions about who we are

Kercopan art Festival

posted on 2014-12-31 02:41:31

Berawal dari gagasan untuk melestarikan seni budaya warisan leluhur hingga berdirilah Padepokan Tari Langen Kusuma.

Tidak terasa sudah satu tahun kami berjuang. Begitu banyak pengalaman yang kami peroleh. Terima kasih kepada semua pihak yang ikut berperan hingga Sanggar Tari ini dapat terus eksis hingga saat ini.

Untuk merayakan hari ulang tahun yang pertama dari Sanggar Tari tercinta ini maka kami dengan bangga akan mempersembahkan sebuah Festival Seni yang akan melibatkan begitu banyak seniman bahkan dari manca negara. Tentunya acara ini tidak akan berjalan dengan baik jika tidak didukung oleh semua elemen masyarakat yang berada di wilayah Kercopan khususnya dan masyarakat Ponorogo pada umumnya. Oleh karena itu kami sangat mengharap partisipasi aktif dari semua rekan-rekan pencinta seni di bumi Reog tercinta ini.

Salam hangat dari kami para seniman dari Padepokan Tari Langen Kusuma.

KERCOPAN ART FESTIVAL

 “Kercopan Art Festival” sengaja kami hadirkan, untuk mewadahi ekspresi kelompok-kelompok kesenian di Kabupaten Ponorogo yang sangat beragam (dari yang tradisional, pop, sampai wujudnya yang modern maupun kontemporer). Kelompok seniman dari  Luar Negeri ( Victor Hugo, kelompok seniman dari Meksiko), sengaja kami undang untuk memberi warna spesial pada pergelaran festival ini. Berbagai pertunjukan tersebut akan disajikan di atas panggung spektakuler di area Kercopan.

Untuk memperingati hari Ulang Tahun Padepokan Tari Langen Kusuma Ke – I, yakni tanggal 26 Januari 2015, kami bermaksud mengadakan sebuah pergelaran kesenian yang bertajuk KERCOPAN ART FESTIVAL. Sebuah peristiwa budaya yang melibatkan masyarakat dan pemuda pemudi di lingkungan Kertosari, Cokromenggalan, dan Patihan Wetan dan segenap masyarakat seni di Kabupaten Ponorogo pada umumnya.

 

PELAKSANAAN

·        KARNAVAL

Hari/Tanggal                        : Sabtu, 7 Februari 2015

            Waktu                         : Jam 13.30-17.00 WIB

Tempat                       : Jl. Batoro Katong - dari perempatan Pasar Pon sampai Panggung Utama

                                                (Lay Out terlampir)

·        PERGELARAN KERCOPAN ART FESTIVAL

Hari/Tanggal                        : Sabtu, 7  Februari 2015

            Waktu                         :  Jam 19.00 WIB - Selesai

            Tempat                       : Panggung Utama di Sekertariat Padepokan Tari Langen Kusuma

  (Jl. Batoro Katong No. 118) 

Kercopan Art Festival merupakan rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Jadi Padepokan Tari Langen KusumaKe - I. Pergelaran ini dikemas secara semarak dengan menghadirkan KelompokVictor Hugo, seniman dari Meksiko. 

Acara Kercopan Art Festival akan terbagi dalam dua sesi yakni :

1.     SesiPertama 

“Pawai Kebudayaan Kercopan Art Festival” akan dimulai dengan iring-iringan yang dimulai dari PerempatanPasar Pon menuju ke barat, dan berakhir di panggung utama yang terletak di depan Padepokan Tari Langen Kusuma, yang dilanjutkan dengan acara ceremony dan pembukaan secara simbolis oleh Lurah Kertosari, Lurah Cokromenggalan, dan Lurah Patihan Wetan.

Adapun dalam kelompok iring-iringan tersebut akan dimeriahkan oleh :

1.    Puspo Kajang

2.    Iring-Iringan Tumpeng

3.    Drumband SD. Muhammadiyah

4.    Chearleader’s

5.    Jaran Thek

6.    Urban Ganong

7.    Pokemon 6

8.    Gajah-gajahan

9.    Straik Mania

10.Capoeira

11.Becak Extreem

12.Kelompok Reyog Singo Mulyo

Acara pawai kebudayaan tersebut akan diakhiri dengan“Pelepasan 100 buah balon yang dilepas secara simbolis oleh Lurah Kertosari, Lurah Cokromenggalan, dan Lurah Patihan Wetan dan diikuti oleh seluruh anggota Padepokan Tari Langen Kusuma (masing-masing orang akan melepaskan satu buah balon secara bersamaan).

2.     Sesi Kedua 

Acara ceremony akan dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Camat Babadan serta didampingi oleh Lurah Kertosari, Lurah Cokromenggalan, dan Lurah Patihan Wetan, dengan Pemotongan Tumpeng dan Pembunyian Gong. Kemudian acara akan dilanjutkan dengan pementasan tari-tarian dari siswa-siswa Padepokan Tari Langen Kusuma, Seniman-seniman dari luar negeri, dan sebagai puncak acara akan menampilkan Tari Kolosal dan kembang api.

Daftar Pengisi Acara Kercopan Art Festival

No.

SAJIAN

ASAL

1.

Persembahan Istimewa

SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo

2.

Tari Bermain

Siswi Padepokan Tari Langen Kusuma

3.

Tari Ganong

Siswa Padepokan Tari Langen Kusuma

4.

Capoeira

Capoeira Twist Ponorogo

5.

Tari Warok

Siswa Padepokan Tari Langen Kusuma

6.

Chearleader’s

All Star Ponorogo

7.

Tari Merak

Siswi Padepokan Tari Langen Kusuma

8.

Urban Ganong

Kelompok Urban Ganong

9.

Tari Jathil

Siswi Padepokan Tari Langen Kusuma

10.

Reyog Ponorogo

Kelompok Reyog Singo Mulyo

11.

Tari Klono

Siswa Padepokan Tari Langen Kusuma

12.

Seniman Luar Negri

Victor Hugo (Meksiko)

13.

Tari Kolosal “Niken Gandhini”

Padepokan Tari Langen Kusuma

14.

Kembang Api

Padepokan Tari Langen Kusuma

15.

Musik Keroncong

Keroncong Swastika Ponorogo

 

Kercopan merupakan sebuah lokasi berkembangnya sebuah kelompok Reyog Ki Singo Kusumo, yakni berada di tiga kelurahan; Kertosari, Cokromenggalan, dan Patihan Wetan. Sepak terjang kelompok Reyog Singo Kusumo di wilayah Kercopan sangatlah membanggakan di era tahun 90-an-hingga awal tahun 2000, hingga lahirlah komunitas Reyog mini Si Buyut Katong, dimana segenap prestasi telah diraih dalam festival. Sekitar satu  dekade dari tahun 2000 sampai dengan tahun 2010, perkumpulan reyog masih bisa bertahan, meskipun hanya dari tanggapan (job) yang kecil-kecilan, yang seolah membuat kelompok reyog ini berdiri hanya dengan satu kaki.

Hingga pada akhirnya, sekitar akhir tahun 2013 semangat remaja dan pemuda Kercopan untuk menghidupkan kesenian Reyog Ki Singo Kusumo dan Si Buyut Katong kembali membara, dengan didirikannya sebuah kelompok dengan nama baru, yakni “ Padepokan Tari Langen Kusumo” yang telah diresmikan sejak tanggal 26 Januari 2014. Seiring berjalannya waktu (dalam kurun waktu 1 tahun) Padepokan Tari langen Kusuma mampu berkembang pesat, terbukti anggota kelompok kami tidak hanya berasal dari lingkungan Kercopan, namun banyak seniman lintas disiplin seni dari berbagai wilayah di kabupaten Ponorogo. Pun demikian dengan terbentuknya kelompok baru ini, diharapkan bisa menjadi wadah keratifitas generasi muda dan anak-anak Kercopan dan seluruh seniman-seniwati di kabupaten Ponorogo pada umumnya untuk terus melestarikan seni tradisi Reyog serta pengembangan kreatifitas seni dari berbagai disiplin, baik tari, musik, teater, maupun seni rupa.